Delapan Tahun Terakhir, Pusam Hanya Menang Sekali
Head To Head: Juku Eja Ungguli Pesut Mahakam

Gol Pipat Thonkanya membawa kemenangan untuk Persisam Putra atas PSM Makassar di Stadion Palaran Samarinda, 29 November 2009 silam.
Gol Pipat Thonkanya membawa kemenangan untuk Persisam Putra atas PSM Makassar di Stadion Palaran Samarinda, 29 November 2009 silam.
Photo: Pusam Cyber

mySAMARINDA.com - 31/01/2014 19:59 WITA
PSM Makassar dan Putra Samarinda (Pusam) dalam kurun waktu delapan tahun terakhir telah bertemu sebanyak lima kali. Empat laga diantaranya dilakoni dengan kekalahan skuad Pesut Mahakam atas Juku Eja. Pusam sendiri hanya mampu meraih satu kali kemenangan, itupun dengan skor tipis.


Pertemuan pertama keduanya tim terjadi pada ajang Piala Indonesia bulan Juni tahun 2006. Saat itu, Pusam masih bernama Persisam Putra dan berlaga di kasta Divisi I. Bermain di Stadion Andi Matallata Makassar, Ronald Fagundez dan kawan-kawan saat itu melumat Pusam dengan skor telak 5-0.


Sebulan kemudian, nasib serupa kembali harus diterima Pusam. Tepatnya pada laga kedua Piala Indonesia. Pusam yang harus menang setidaknya 6 gol tanpa balas untuk bisa melangkah ke babak selanjutnya justru terkapar dibekuk Juku Eja 4-0 di Stadion Sempaja Samarinda.


Selang tiga musim berikutnya, kesuksesan Pusam merangsek naik ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia membawa mereka kembali bersua PSM Makassar. Tepat pada 29 November 2009, Pusam meraih kemenangan pertama mereka atas PSM Makassar dengan skor tipis 1-0.


Kala itu, gol tunggal Pipat Thonkanya pada menit ke-78 di Stadion Palaran Samarinda menjadi satu-satunya gol kemenangan Pesut Mahakam. Sayang ambisi menyamakan rekor pertemuan kandas pada putaran kedua ISL di kandang PSM. Pesut Mahakam bahkan kembali menyerah dengan skor telak 3-0 melalui dua gol Osvaldo Moreno dan Jung-Hwan Park.


Semusim berikutnya, sebelum PSM memundurkan diri dari pentas Indonesia Super League (ISL), laga Pusam versus PSM sempat sekali digelar di Makassar. Laga itu dimenangi PSM Makassar dengan skor 2-1. Hasil laga ini sendiri tidak terdaftar secara resmi karena dianggap batal menyusul pindahnya PSM ke Liga Premier (IPL).


Saat itu, Pusam sempat unggul terlebih dahulu melalui gol Julio Lopez, sebelum akhirnya menyerah dengan sederet faktor non teknis, seperti kepemimpinan wasit yang dinilai berat sebelah dan dihentikannya laga disaat Pusam unggul karena lampu stadion yang mati sebagian.


So, bagaimana pertemuan kedua tim pada laga perdana ISL 2014, Minggu sore (2/2) mendatang di Stadion Gelora Bung Tomo. Siapakah yang bakal keluar sebagai pemenang. Atau akankah berakhir seri untuk pertama kalinya sejak delapan tahun terakhir? Menarik untuk ditunggu. (Abe Hedly)

 

 

 
Berita Lainnya
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Nasional
Gegara Kritik Banjir via SMS: Walikota Laporkan Warganya ke Polisi
Demi Hadapi Masyarakat Ekonomi Asean: Satpam di Samarinda Harus Bisa Berbahasa Inggris
 
Soal Pembangunan di Kaltim: Samarinda Optimis Bakal Terdepan
Kabut Asap Makin Pekat dan Berbahaya: Waspada! Kualitas Udara di Samarinda Tidak Sehat
 
Pepper Lunch Hadir di Bigmall: Rasa Nan Aduhay, Warga Samarinda Wajib Coba
Rambah Ibukota Kalimantan Timur
Pepper Lunch Hadir di Big Mall Samarinda
 
Kalahkan Thailand, Dorna Tunjuk Indonesia: Wauw! MotoGP 2017 Digelar di Sirkuit Sentul
'Selamat Datang, Ibu Presiden Megawati': Aduh! Di Korsel, Presiden RI Bukan Jokowi
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Internasional
Pesta Rakyat Terpopuler di Samarinda: Inilah Daftar Kegiatan Festival Mahakam 2015
Undas Singing Contest: Ajang Pembuktian Talenta Terbaik Kota Samarinda
 
Clean Sheet Dua Laga: Kiper PBFC Ajak Fokus dan Rendah Hati
PSM 0-2 PBFC: Bukan Jago Kandang!
 
Jadi Wahana Perekat Keharmonisan Kota Samarinda: Jambore Cabang Kwarcab Samarinda Digelar di KRUS
Peringatan Hari Koperasi ke-68 di GOR Segiri Samarinda: Kualitas Pengurus Koperasi di Kaltim Harus Ditingkatkan
 
Crane Raksasa Jatuh di Mekkah: Puluhan Orang Tewas dan Ratusan Luka-Luka
Gerakan Kemerdekaan Picu Situasi Tambah Panas: Umat Muslim di Xinjiang China Dilarang Berpuasa
Copyright © 2013-2018 MySamarinda.com. All rights reserved